Blog adalah media yang bagus untuk dijadikan tempat beriklan atau promosi. Terkait hal ini, dari sekian banyak blog, bagi anda yang ingin beriklan atau berpomosi, anda harus jeli dalam memilih dan menentukan blog yang bagus serta tepat untuk dijadikan tempat mempromosikan produk anda. Apalagi yang memiliki budget iklan terbatas, namun ingin mempromosikan produk secara tepat, cepat dan efektif.
Yup, seperti yang kita tahu, banyak tempat untuk beriklan dan berpromosi di internet, bisa melalui layanan Google Adsense atau Adsense Indonesia atau langsung melalui media seperti portal berita atau blog pribadi. Khusus untuk blog/situs pribadi, kelebihan dari beriklan pada blog adalah pada fokusnya. Karena biasanya blog-blog yang dikelola secara pribadi memiliki topik-topik khusus dan dirawat secara lebih telaten. Dan lebih penting lagi, kualitas SEO (search engine optimize) atau pengindeks-an di mesin pencari seperti Google dan Yahoo lebih diperhatikan pemiliknya.
Hal ini, berbeda misalnya dibandingkan portal berita ternama, yang biasanya tidak mementingkan urusan SEO, karena mereka percaya diri bahwa pengunjung datang tidak melalui pencarian di search engine atau mesin pencari, akan tetapi langsung mengetik nama/url situs portal bersangkutan. Menjadi kelebihan sekaligus kekurangan, karena akan cepat’ basi’ tertimpa berita yang baru dan tidak akan bertahan lama di halaman 1-2 Google.co.id atau halaman mesin pencari lainnya.
Berbeda dengan portal berita umum, blog pribadi biasanya cenderung mengupayakan agar artikel postingan bertahan lama di halaman terdepan mesin pencari. Sebagai catatan penting bagi calon pengiklan, faktanya sebagian besar netter/pengguna internet menggunakan mesin pencari seperti Google dan Yahoo ketika mencari informasi di internet.
Adapun kelebihan lainnya dari beriklan di blog adalah dari segi harganya. Umumnya, harga iklan di blog selain lebih murah dibandingkan di portal berita, juga masih bisa dilobi, karena si pengiklan langsung berhadapan dengan pemilik blog ketika melakukan negosiasi harga. Hal ini berbeda dengan di portal berita atau broker adsense/pay per klik, yang berhadapan dengan angka-angka baku dengan daftar harga iklan yang sudah ada.
Lalu, bagaimana cara memilih dan menentukan blog yang cocok dan bagus untuk dijadikan tempat beriklan? Berikut ini caranya!
Lalu, bagaimana cara memilih dan menentukan blog yang cocok dan bagus untuk dijadikan tempat beriklan? Berikut ini caranya!
- Trafik (jumlah pengunjung) – Lihat jumlah pengunjung blog tersebut setiap harinya dan jumlah page/halaman yang dibuka oleh pengunjung blog tersebut. Misalnya salah satunya bisa dilihat di widget seperti Live Trafik yang ada di Rougerdeluffy.blogspot.com ini (lihat disidebar 2 paling bawah), bisa juga dilihat dari rangking Alexa.com (tapi sejauh ini menurut saya, rangking Alexa tidak harus jadi panduan, karena seringkali tidak akurat dan manipulatif)
- Konten dan topik blog – perhatikan konten dan topik blog yang bersangkutan, apakah sesuai dengan produk yang akan dipromosikan. Apakah kontennya orininal dan bukan hasil kopi paste dan seberapa sering konten blogn tersebut diupdate.
- Layout blog – di lokasi mana saja spot iklan tersedia, apakah disamping postingan (sidebar), dibawah judul artikel, atau di bawah postingan (artikel).
- Kredibilitas pemilik blog/blogger – ini juga tidak kalah pentingnya, kadang ada blogger yang menyembunyikan identitasnya, tidak mencantumkan biodatanya. Hal ini sebenarnya berpengaruh terhadap kepercayaan pengunjung. Karena minimal secara psikologis, ketika ada identitas pemiliknya, akan membuat pengunjung merasa aman dan percaya untuk mengklik iklan atau link yang terpasang, bukan link jebakan atau iklan bohongan.
- Pagerank – sebagai catatan, Pagerank tinggi tidak menjamin trafik pengunjung banyak. Karena menurut saya, Pagerank berbeda dengan SEO. Misalnya, ada blog saya yang Pageranknya masih O tapi SEO atau posisinya di mesin pencari lebih bagus dibanding blog saya lainnya. Pagerank ini lebih berguna bagi anda yang ingin mendapatkan backlink berkualitas untuk mendorong situs/blog yang ada iklankan.
- dll (sesuai dengan teknik marketing anda)
0 comments:
Post a Comment